Wagubsu Berharap Semangat Letjen Jamin Ginting Terus Digelorakan

Wagubsu Harap Semangat Letjen Jamin Ginting Terus DigelorakanMedan, 29/11 – Semangat Letjen Jamin Ginting tentu harus digelorakan. Tidak hanya bagi generasi muda di Tanah Karo, tapi juga bagi seluruh masyarakat Sumatera Utara, bahkan Indonesia.

Demikian yang disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Utara Ir Tengku Erry Nuradi MSi dalam acara syukuran Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional Alm Letjen TNI Jamin Ginting, Sabtu (29/11) di JW Marriot Hotel Medan.

Hadir dalam acara itu antara lain Mewakili Menhan RI Brigjen TNI Eko Budi Supriyanto, Mewakili DHD 45 Brighen Sadar Sebayang, Mewakili Rektor USU Rajda Bungsu Hutagalung, Anggota DPRD Sumut Saleh Bangun, Walikota Kota Medan Dzulmi Eldin, Plt Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, Ketua Panitia Letjen TNI (Pur) Amir Sembiring Hadir juga perwakilan dari keluarga besar Letjen Jamin Ginting, antara lain Istri Alm Letjen Jamin Ginting Likas Br Tarigan dan anaknya.

“Semangat pantang menyerah, kecerdikan kesetiaan pada negara juga kecintaannya terhadap persatuan dan kesatuan haruslah diteladani,” ujarnya.

Wagubsu, melihat semangat-semangat itu masih relevan dan bermanfaat untuk mengispirasi kita semuanya membangun Sumut yang lebih berdaya saing dan lebih sejahtera.

Semoga, lanjut Wagubsu, momentum ini dapat membangkitkan kembali semangat nasionalisme dan nilai-nilai kejuangan kita selaku anak bangsa terutama semangat untuk mandiri berjiwa kemanusiaan, kejuangan dan kesetiakawanan sosial.

“Saya juga yakin kegiatan ini bukan bersifat eksklusif bagi keluarga besar almarhum belaka, melainkan untuk seluruh masyarakat sumut bahkan nusantara sebab almarhum bukan hanya milik keluarga besar almarhum Letjen Jamin Ginting tetapi beliau adalah milik nasional sebagai aset bangsa Indonesia,” katanya.

Wagubsu juga yakin kegiatan ini akan mampu untuk menyegarkan kembali pikiran kita tentang nilai-nilai persatuan dan nasionalisme yang di dalam perwujudannya mempunyai ciri ciri dan sifat-sifat khas bangsa Indonesia yang merupakan penegasan kembali ketetapan hati rakyat untuk mengisi pembangunan bangsa di masa mendatang.

Dengan diangurahinya Alm Letjen Jamin Gintings sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo, maka sampai saat ini sudah ada 11 pahlawan nasional yang berasal dari Provinsi Sumut yakni, SM Raja XII, FL Tobing, Zainul Arifin, Adam Malik, Jend Abd Haris Nasution, DI Panjaitan, Amir Hamzah, Kirang Bangun, Tengku Muhammad Hasan, TB Simatupang dan Terakhir Letjen Jamin Ginting.

“Saya harap perjalanan hidup para pahlawan nasional asal Sumut hendaklah dapat menjadi muatan lokal bagi pelajaran siswa di Sumut, sehingga dapat meneladani jiwa kepahlawanan dan menginspirasi pemuda,” harapnya.

Sementara itu Plt Bupati Karo terkelin Brahmana menyampaikan bahwa Letjen Jamin Ginting adalah tokoh militer yang konsisten membela negara.

“Tentu gelar pahlawan suatu kebanggaan dan kehormatan masyarakat dan Pemkab karo yang tidak ternilai harganya,” ujarnya.

Ketua Panitia Letjen TNI(Pur) Amir Sembiring menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam proses pengajuan Letjend Jamin Ginting sebagai pahlawan.

Dalam laporannya, Amir Sembiring menyebutlkan Letjen TNI (Purn) Jamin Ginting adalah pahlawan nasional kelahiran Tanah Karo, Provinsi Sumatera Utara. Ia lahir pada 12 Januari 1921 di Desa Suka dari keluarga petani pasangan Lantak Ginting suka dan Tindang Br Tarigan. Jamin adalah seorang pejuang kemerdekaan menentang pemerintahan Hindia Belanda di Tanah Karo.

(Humas Pemprovsu)-(SumutProv.go.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*