“Toge” Sajian Buka Puasa Khas Mandailing Natal

Toge Sajian Buka Puasa Khas MadinaPanyabungan 24/6 – Toge merupakan salah satu jajanan khas Mandailing Natal sebagai sajian setiap hari khususnya saat Bulan Suci Ramadhan yang bisa didapatkan di pasar Ramadhan tepatnya Pasar Baru Panyabungan, Rabu.

“Roilah Hsb (50) pedagang Toge mengatakan adapun harga jual masakan sajian khas Madina ini sekitar empat ribu rupiah setiap bungkusnya.”

“Toge merupakan paduan beberapa macam masakan antara lain seperti pulut hitam, pulut putih, tepung beras, gula aren dan sebagai pewangi dan pewarna cendol ditambah beberapa helai daun pandan,” katanya.

“Sekitar 15 tahun yang lalu masakan toge ini tampil mengikuti perlombaan kuliner khas daerah seluruh Indonesia yang diadakan di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta,” tambahnya.

“Menurutnya selain pelengkap sajian buka puasa, Toge juga sering dihidangkan pada acara pernikahan dan hari besar lainnya baik di Madina dan luar Madina sendiri. Masakan khas ini sudah berusia ratusan tahun dari beberapa keturunan,” tambahnya.

“Sementara Irma salah satu pembeli mengatakan buka puasa terasa kurang sempurna tanpa dilengkapi dengan “Toge” bahkan hari biasa sendiripun kita mendapat pesanan dari saudara yang berada di luar Madina karena merindukan makanan khas masyarakat Mandailing Natal,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*