SERBA-SERBI PERINGATAN HARI ULANG TAHUN (HUT) KE-72 KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA DI PEMERINTAH KABUPATEN MANDAILING NATAL TAHUN 2017.

Panyabungan, 26 Agustus 2017
madina.go.id website resmi Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal.

PROKLAMASI

Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan
dengan cara saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.
Djakarta, 17 Agustus 1945
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta.

Setiap bangsa yang pernah dijajah oleh bangsa lain tidak pernah melupakan hari atau tanggal Proklamasi Kemerdekaan bangsanya. Sebab, itulah hari yang paling penting dalam sejarah bangsa dan negaranya. Proklamasi kemerdekaan merupakan pernyataan bahwa suatu bangsa mulai saat itu bebas dari penjajahan, bebas dari kekuasaan, dan paksaan bangsa lain.

Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal sebagai salah satu Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terletak paling ujung pada provinsi ini dan berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat. Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal dengan Ibukotanya Panyabungan (Kecamatan Panyabungan) terdiri dari 23 Kecamatan, dan telah genap berusia 18 (delapan belas) tahun pada tanggal 9 Maret 2017 yang lalu.

Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal yang disingkat dengan Pemkab. Madina yang merupakan asal muasal kata madina pada penamaan website resminya, sama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota lainnya di Republik Indonesia ini dalam memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indoensia. Penyemarakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Mandailing Natal Tahun 2017 ini antara lain: pertandingan bola volly antar pelajar, hiburan anak sekolah, goes pesona Madina / sepeda santai, senam, donor darah, lomba lari jarak 10K antar pelajar, tari kreasi sekolah, Malam Hiburan Rakyat, Teatrikal Laskar Djambatan Merah, Gordang Sambilan, Tortor, pengukuhan Paskibra, mendengarkan Pidato Kenegaraan, karnaval, Renungan Suci, pemberian remisi WBP, upacara 17 Agustus Detik-detik Proklamasi, defile, upaca Penurunan Bendera Merah Putih, malam Resepsi, dan peletekan batu pertama pembangunan Tugu Pahlawan di Desa Sayur Maincat Kec. Kotanopan serta pelayanan kesehatan.

Tanggal 20 Agustus 2017 penutupan Kompetisi Sepakbola Piala Bupati 2017 di Lapangan Kebun Karet Laru Lombang Kec. Tambangan.  Tanggal 25 Agustus 2017 pukul 20.30 pembubaran Paskibra Tahun 2017 yang dipusatkan di Pasar Kotanopan Kec. Kotanopan sekaligus Pawai Taptu yang dilakoni oleh para pelajar Kec. Kotanopan dan disambut baik oleh masyarakat Kec. Kotanopan, khususnya masyarakat Kelurahan Pasar Kotanopan.

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal Tahun 2017 dipusatkan pada hamparan Tapian Sirisiri Syariah di pinggiran Aek Batanggadis sebelah Timur Masjid Agung Nur ala Nur dan persis berada pada lembah sebelah Utara Komplek Perkantoran Bupati Mandailing Natal yang mana pada periode 2016-2021 dipimpin oleh Drs. H. Dahlan Hasan Nasution sebagai Bupati Mandailing Natal dan H. Muhammad Ja’far Sukhairi Nasution sebagai Wakil Bupati Mandailing Natal.

Di setiap kecamatan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, juga dilakukan upacara 17 Agustus Detik-detik Proklamasi, defile, Penurunan Bendera Merah Putih, dan kegiatan-kegiatan lainnya seperti panjat pinang, tarik tambang, lomba lari memakai karung, sepak bola mamakai sarung, dan lain-lain perlombaan yang secara tidak langsung menumbuhkankembangkan sprite fighter para pemainnya. Kesemua kegiatan ini merupakan penyemarakan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia di Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal Tahun 2017.

Pembina Upacara pada pelaksanaan upacara 17 Agustus Detik-detik Proklamasi oleh Bupati Mandailing Natal Drs. Dahlan Hasan Nasution dan pembawa baki Bendera Merah Putih Puan Iruna Azahra pelajar MAN Panyabungan, Pembina Upacara Penurunan Bendera Merah Putih oleh Kapolres Mandailing Natal Sonny Sumatri, S.IK. dan pembawa baki Bendera Merah Putih Anni Kholilah pelajar SMKN Kotanopan.

Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Merah Putih ialah pelajar SLTA sederajat dari Kec. Panyabungan, Kec. Siabu, dan Kec. Kotanopan. Dipersiapkan sejak dua bulan yang lalu, dilatih oleh pasukan Kompi Senapan B Mangga Dua : Serka Kisman, Serda Karyono, dan Serda Hotman Hasibuan. Purna Paskibra : Zulpan Wardani Dakosta Timor, Manaon, dan Tajri Riski. Kegiatan dikoordinir oleh Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mandailing Natal Rahmat Hidayat Dalimunthe, S. Pd., dibantu Kepala Bidang Layanan Pemuda H. Muktar Hanafi Rangkuty, S. Pd., dan staf : Ali Basa, Redo Samanhudi Putra, Muhammad Yasid Matondang.

Dikutip dari website Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia www.setneg.go.id tentang Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia, sebagai berikut :

KERJASAMA.
Kebersamaan merupakan prinsip dasar masyarakat Indonesia dalam berkehidupan berbangsa.

GOTONG ROYONG.
Gotong royong merupakan manifestasi konkrit dari semangat kebersamaan antar-masyarakat dalam bahu membahu dan tolong-menolong.

Logo ’72 TAHUN INDONESIA KERJA BERSAMA’ merupakan representasi dari semangat gotong royong untuk membangun Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.

Angka ‘7’ pada logo merupakan simbolisasi dari sebuah anak panah yang menyerong ke arah kanan
atas. Hal tersebut melambangkan dinamisme pembangunan yang berorientasi ke masa depan positif. Letak dan posisi Angka ‘2’ pada logo yang terlihat merangkul Angka ‘7’ merupakan perlambangan dari asas kebersamaan dalam bekerja membangun Indonesia dan mencapai target yang telah direncanakan.

Bentuk angka ‘2’ juga merepresentasikan bentuk bendera Indonesia yang terdiri dari dua bagian.

Penggunaan slogan memiliki maksud sebagai berikut:

Kerja Bersama.
Menunjukkan pendekatan yang bersifat merangkul dan juga memperlihatkan asas kebersamaan dan gotong royong dalam membangun Indonesia menjadi lebih baik.

Bersama Kerja.
Menunjukkan ajakan untuk bersama-sama bekerja membangun kemajuan Indonesia dan mencapai target yang telah direncanakan.

Mari kita renungkan bersama lagu MERAH PUTIH Cipt. Gombloh berikut ini :

Berkibarlah bendera negeriku
Berkibarlah engaku didadaku
Tunjukkanlah kepada dunia
Semangatmu yang panas membara

Daku ingin jiwa raga ini
Selaras dan keanggunan
Daku ingin jemariku ini
Menuliskan kharismamu

Berkibarlah bendera negeriku
Berkibar di luas nuansamu
Tunjukkanlah kepada dunia
Ramah tamah budi bahasamu

Daku ingin kepal tangan ini
Menunaikan kewajiban oh..
Putera bangsa yang mengemban cita
Hidup dalam kesatuan

Volli antar Pelajar Putra-putri

Goes Sepeda

Lomba Lari 10k

Malam Hiburan Rakyat

Teatrikal Laskar Djambatan Merah

Tortor

Pengukuhan Paskibra

Mendengarkan Pidato Kenegaraan

Karnaval

Renungan Suci

Pemberian Remisi

Upacara 17 Agustus Detik-detik Proklamasi

Salah satu teatrikal perlawanan Bangsa Indonesia melawan penjajah.

Defille

Upacara Penurunan Bendera

Malam Resepsi

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Tugu Pahlawan di Desa Sayur Maincat Kec. Kotanopan

Final Kompetisi Sepakbola Piala Bupati 2017 di Lapangan Kebun Karet Laru Lombang Kec. Tambangan

Pembubaran Paskibra dan Malam Taptu di Kotanopan

Pelayanan Kesehatan di Desa Sayur Maincat Kotanopan

KEGIATAN DI BEBERAPA KECAMATAN

Kec. Kotanopan

Kec. Lingga Bayu

Kec. Bukit Malintang.

Kec. Muara Batanggadis.

Kec. Muara Sipongi.

Kec. Panyabungan Barat.

Kec. Siabu

By : TIM 2017730

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*