Presiden Apresiasi Akselerasi Keahlian Industri Tekstil Korsel

Presiden apresiasi akselerasi keahlian industri tekstil KorselJakarta – Presiden Joko Widodo mengapresiasi upaya industri tekstil asal Korea Selatan PT Nesia Pan Pacific untuk mengakselerasi keahlian Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang industri tekstil dan produk tekstil (TPT) di dalam negeri.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat meresmikan pabrik tekstil Nesia Pan Pacific Clothing, yang juga menandatangani Nota Kesepahaman Bersama (MoU) dengan SMK Negeri 2 Wonogiri dan Pusdiklat Industri Kemenperin di Wonogiri, Jawa Tengah.

“Saya sangat menghargai langkah Nesia Pan Pasific, SMKN 2 dan Akademi Komunitas. Ini dalam rangka meningkatkan skill, produktivitas, dan etos kerja agar kita berdaya saing dan memenangi kompetisi,” kata Presiden Jokowi melalui siaran pers diterima di Jakarta, Jumat.

Pada kesempatan tersebut, Presiden juga menandatangani prasasti peresmian pabrik yang berdiri di atas lahan 12 hektare itu dengan didampingi Menteri Perindustrian Saleh Husin, Kepala BKPM Franky Sibarani dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Presiden mengingatkan, dalam situasi ekonomi dunia yang tengah mengalami perlambatan ini, masyarakat perlu tetap merasa optimis, karena masih banyak peluang-peluang di Indonesia yang bisa diangkat jadi investasi dan lapangan kerja.

Sebagai informasi, Nesia Pan Pacific Clothing merupakan perusahaan Penanaman Modal Asing asal Korea Selatan dengan induk perusahaannya Pan-Pacific Co.

Perusahaan tersebut telah merealisasikan investasinya hingga akhir tahun 2015 sebesar 14,5 juta dollar AS untuk pembangunan dua pabrik.

Perusahaan akan menambahkan investasinya pada tahun 2016 sebesar 14,5 juta dollar AS untuk dua pabrik, dan pada 2017 sebesar 31 juta dollar AS untuk tiga pabrik.

PT Nesia Pan Pacific Clothing menargetkan total investasi sebesar 60 juta dollar AS untuk membangun tujuh pabrik dalam tiga tahap dan akan menyerap tenaga kerja sebanyak 12.600 orang.

Kapasitas produksi perusahaan ini akan mencapai 24,1 juta pcs per tahun dari 126 lini yang dimiliki.

Seluruh produknya berupa pakaian jadi seperti celana, jaket dan gaun akan dikirim ke pasar ekspor.

PT Nesia Pan Pacific Clothing telah bekerjasama dengan H&M, Gap, Old Navy, Target, dan Tommy & Columbia yang memiliki kualifikasi dan standar pembeli internasional.

Sumber: antaranews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.