PON XIX / 2016 dan PEPARNAS XV / 2016 JAWA BARAT

pon-xix-2016-dan-peparnas-xv-2016-jawa-baratProvinsi Jawa Barat terpilih menjadi tuan rumah dan sekaligus pelaksana sebuah perhelatan ragam olahraga setingkat Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 dan Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) yang ke XV/2016. Pekan Olahraga Nasional adalah pesta ragam olahraga empat tahunan yang mempertemukan insan-insan olahraga untuk bertanding dan berlomba dengan “fair play” dalam rangka mewujudkan dan menunjukkan raihan prestasi tertinggi olahraga di Indonesia. Jawa Barat selaku tuan rumah telah siap melaksanakan seluruh agenda PON XIX dan Peparnas XV 2016 Jawa Barat dengan tujuan dan sasaran untuk meraih “Catur Sukses PON XIX dan Peparnas XV 2016 Jawa Barat” yakni Sukses Prestasi, Sukses Penyelenggaraan, Sukses Perekonomian Rakyat dan Sukses Administrasi.

Dalam setiap perhelatan ragam olahraga selalu ada identitas perhelatan atau event identity yang mampu merepresentasikan citra kota/kabupaten, daerah/provinsi serta negara penyelenggara dan atau pelaksana. Identitas perhelatan tersebut terdiri dari 4 (empat) elemen utama, yaitu: Logo, Maskot, Tagline, dan Corak/Motif visual yang dikombinasikan dengan kuat sebagai citra perhelatan olahraga.

Logo PON XIX dan Peparnas XV mengandung makna yang merepresentasikan Provinsi Jawa Barat sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional XIX dan Pekan Paralympic Nasional 2016. Elemen dasar logo adalah bentuk Kujang (senjata tradisional khas Jawa Barat) yang terbentuk dari api obor yang berkobar sebagai simbol semangat untuk meraih prestasi tertinggi.

Pemilihan Surili sebagai maskot PON XIX/2016 dan PEPARNAS XV/2016 Jawa Barat dikarenakan kelucuan, kebersahajaan, kelincahan dan kehangatan lengkingannya mewakili sebagian sifat dan kemampuan para atlet. Sebagai maskot, Surili dikenakan Iket alias pengikat kepala khas Jawa Barat yang mencerminkan nilai luhur tradisi dan karakter masyarakat Jawa Barat, yakni “Cageur, Bageur, Bener dan Pinter”. Pemilihan satwa endemik tersebut sebagai maskot PON XIX dan Peparnas XV 2016 Jawa Barat ini juga untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat guna semakin melindungi dan melestarikannya.

“Berjaya di Tanah Legenda” memiliki makna bahwa berprestasi pada ajang PON XIX & Peparnas XV 2016 Jawa Barat adalah prestasi paripurna para atlet untuk melegenda di tanah legenda.

Pelaksanaan PON XIX/2016 dan PEPARNAS XV/2016 Jawa barat berdasarkan surat keputusan KONI pusat No. 57 Tahun 2015 tentang Penyempurnaan Surat Keputusan KONI Pusat No. 42 Tahun 2014 Tentang Penetapan Cabang Olahraga. Nomor-nomor Pertandingan Perlombaan dan Kuota Atlet Setiap Cabang Olahraga Pekan Olahraga Nasional (PON) Tahun XIX 2016 Jawa Barat. PON XIX 2016 terdiri dari 44 cabang olahraga, 10 cabang olahraga eksebisi dengan total nomor pertandingan, 365 pertandingan putra, 302 pertandingan putri, 33 pertandingan campuran dan 50 pertandingan terbuka di 61 Venue yang tersebar di 15 Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Sekitar 8403 atlet diluar atlet tuan rumah memperebutkan 755 medali emas, 755 medali perak, 962 medali perunggu dan di awasi sekitar 2195 PP/Wasit/Juri.

Sumber : pon-peparnas2016jabar.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*