Polres Mandailing Natal Tingkatkan Pengamanan

Polres Madina Tingkatkan Pengamanan Dalam Rangka Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilihPolres Madina, Polda Sumatera Utara, meningkatkan pengamanan di tempat-tempat yang berkaitan dengan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo-Yusuf Kalla, Senin (20/10).

Sejumlah objek vital yang menjadi fokus pengamanan adalah, Kantor KPU, Panwaslu, dan tempat berpotensi rusuh lainnya lainnya yang ada di Kabupaten Mandailing Natal.

“Untuk jajaran Polres Madina sejak kemarin sudah melaksanakan Siaga 1, tidak ada satu pun personel yang meninggalkan tempat kecuali mendesak. Kita juga sudah meningkatkan patroli, tatap muka dan sambang kepada subjek/ objek yang berkaitan dengan pelaksanaan sumpah janji,” kata Kapolres Madina, AKBP Mardiaz Kusin Dwihananto SIK MHum.

Untuk apel kesiapan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih priode 2014–2019 dalam rangka Operasi Mantap Brata 2014, sudah dilakukan dua hari sebelum pelantikan atau Sabtu (18/10) di Lapangan Polres Madina.

Tema yang diambil pada apel kesiapan pengamanan pelantikan Presiden tersebut ‘Polri–TNI dan Pemkab Madina siap mengamankan pelantikan dan sumpah janji Presiden/ Wakil Presiden RI tanggal 20 Oktober 2014”.

Apel dihadiri oleh Bupati Madina yang di wakilkan oleh Asisten I, Dan Sub Denpom Panyabungan, Danki Senapan B Mangga Dua, Dinas Perhubungan dan Kasatpol PP Panyabungan.

“Apel kesiapan pengamanan itu dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana dan prasarana Polri beserta unsur terkait, sebelum diterjunkan ke lapangan dalam rangka mensukseskan alih kepemimpinan nasional agar aman, tertib dan lancar dalam rangka membentuk system negara yang legitimate dan berkedaulatan rakyat, sehingga pemerintahan dan pimpinan nasional yang lahir dari hasil pemilu, merupakan kehendak rakyat dan dijalankan sesuai dengan keinginan rakyat,” ujar AKBP Mardiaz.

Kapolres Madina, AKBP Mardiaz Kusin Dwihananto SIK MHum juga menambahkan di dalam amanatnya Polri sebagai penanggung jawab untuk mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan pemilu 2014.

Hal ini dilakukan melalui manajemen keamanan yang terpadu dan konprehensif, mengerahkan segala sumber daya yang ada, serta memperkokoh kerja sama sinergis dengan penyelenggaraan pemilu, TNI, masyarakat dan mitra keamanan lainnya agar pesta demokrasi pemilu 2014 dapat berlangsung aman, jujur, adil dan demokratis serta menjadi landasan menuju Indonesia yang makmur dan sejahtera.

Acara Apel kesiapan pada hari itu merupakan tindak lanjut acara silaturahmi nasional pada 15 Oktober 2014 dan dilaksanakan diseluruh jajaran sampai ketingkat Kabupaten.

“Pelaksanaan sumpah janji akan dilaksanakan besok (hari ini, Senin, 20 Oktober 2014) di Jakarta. Meskipun wilayah kita dalam prediksi dan antisipasi dinilai aman, namun kita harus menunjukkan kepada masyarakat Kabupaten Madina bahwa aparatur pemerintah Madina siap memberikan rasa aman, nyaman dan tentram.

Untuk satuan TNI dalam hal ini Danki B / 123 untuk menyiagakan pasukannya di mako yang pada saat situasi sudah tidak dapat terkendali maka memberikan Back Up Opsnal terhadap Polres MAndailing Natal, begitu juga dengan Satpol PP agar dapat mengamankan obvit di lingkungan Pemkab Madina beserta asset–asset pemerintah.

Untuk Dishub dapat membantu Polri dalam melancarkan lalu lintas dan BPBD sesalu waspada terhadap gangguan alam dan konflik pertikaian wargan dan kita doakan bersama era kepemimpinan Presiden dan Wakil Presiden 5 tahun mendatang membawa kebaikan dan kesejahteraan Bangsa Indonesia,” ujar AKBP Mardiaz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*