Pembangkit Listrik Negara (PLN) Amankan Pasokan Listrik Jelang Natal-Tahun Baru

PLN Amankan Pasokan Jelang Natal-Tahun BaruMedan, 5/11 – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) melakukan sejumlah kebijakan untuk mengamankan pasokan listrik menjelang perayaan natal dan tahun baru di Sumatera Utara.

Dalam rapat dengan DPRD Sumut di Medan, Rabu GM Pembangkitan Sumbagut Bernandus mengatakan, pihaknya telah menambah penyewaan genset sebanyak 180 megawatt untuk menjaga pasokan.

Genset dengan kapasitas 50 megawatt diletakkan di Belawan, 90 megawatt di Labuhan Angin di Kabupaten Tapanuli Tengah, dan 40 megawatt di Lamhotma.

Pihaknya merencanakan untuk mengoperasikan seluruh genset yang telah disewa tersebut menjelang akhir tahun yang bersamaan dengan masa perbaikan sejumlah pembangkit besar.

Dengan penyiapan genset yang mampu menghasilkan daya hingga 180 megawatt tersebut, diharapkan perbaikan mesin pembangkit itu tidak mengganggu perayaan natal dan tahun baru di Sumut.

“Ditargetkan, akhir tahun sudah beroperasi. Kami tidak mau pemeliharaan itu menyebabkan pemadaman,” katanya.

Manejer Distribusi PLN Wilayah Sumut Lasiran mengatakan, dengan penyiapan sejumlah genset tersebut, diharapkan pasokan listrik hingga bulan Desember mencukupi di Sumut.

Penyediaan genset tersebut juga dimaksudkan untuk mengantisipasi adanya kegiatan tertentu, termasuk kemungkinan adanya gangguan akibat badai atau transmisi yang tertimpa pohon.

Anggota DPRD Sumut Muslim Simbolon mengapresiasi sejumlah persiapan yang dilakukan PLN untuk menjamin pasokan listrik di daerah itu, termasuk dalam mengamankan perayaan natal dan tahun baru.

Namun pihaknya menyayangkan kebijakan PLN di Sumut tersebut bukan langkah jangka panjang yang dapat menjamin tidak adanya lagi pemadaman bergilir.

“PLN selalu menyebutkan penyewaan genset. PLN bukan perusahaan musiman,” kata politisi PAN itu.

Kritikan juga disampaikan anggota Fraksi Partai Demokrat Sopar Siburian yang menuntut langkah yang diambil PLN harus bersifat jangka panjang untuk memastikan Sumut berakhir dari krisis listrik.

“Hanya dijelaskan ini dan itu, tetapi tidak ada solusi jangka panjang. Apapun alasannya, Sumut menunggu janji Desember tidak ada lagi pemadaman,” katanya. (Antara)-(DT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*