Pesantren Harus Persiapkan Lulusan Cendikiawan Berhati Ulama

Pesantren Harus Persiapkan Lulusan Cendikiawan Berhati UlamaPondok Pesantren di Kab. Mandailing Natal diminta tidak hanya mempersiapkan lulusan Pesantrennya jadi ustad/uztadzah saja, tapi juga Pondok Pesantren harus mempersiapkan lulusannya menjadi Cendikiawan yang berhati ulama.

Harapan itu di sampaikan Kepala Kementerian Agama Kab. Mandailing Natal Drs. Muksin Batubara, M. Pd di dampingi Kasi Pendidikan Diniyah dan Pontren Ahmad Asrin, MM baru-baru ini saat acara rapat rutin bulanan dengan Pimpinan Pondok Pesantren se Kab. Mandailing Natal.

Dikatakannya, selama ini boleh dikatakan Pondok Pesantren hanya terfokus mencetak Santrinya menjadi Ulama, namun kedepan kita berharap Pondok Pesantren juga harus mencetak cendikiawan-cendikiawan yang berhati ulama.

Tanpa hal itu, umat Islam akan tergilas zaman dalam segala hal, termasuk dalam penguasaan teknologi,” ujarnya.

“Cendikiawan yang di maksud adalah para pemikir-pemikir Islam yang menguasai iptek, dosen, polisi, tentara, perawat, dokter, guru, anggota DPRD dan Pimpinan SKPD yang Islami. Dengan kata lain semua cabang pekerjaan yang ada saat ini harus di isi oleh alumni-alumni Pesantren, tanpa terkecuali bidang apapun,” ujarnya.

Ditambahkannya, jadi tidak ada istilah Santri “gagap” teknologi lagi , tapi jutsru sebaliknya, Santri harus mampu menguasai teknologi, mulai dari komputer sampai bentuk tekhnologi lainnya. Ini tentunya tugas Pondok Pesantren bagaimana bisa menyiapkan fasilitas di Pondok Pesantren masing-masing. Jadi lulusan Santri bukan hanya menjadi Ustdaz ataupun Ulama, tapi juga Cendikiawan Islami yang siap ditempatkan di mana saja,” harap Kakan Kemenag.

Sedangkan Kasi Pendidikan Diniyah dan Pontren Ahmad Asrin, MM mengatakan, kita akui Pondok Pesantren selama ini hanya terfokus mencetak Ulama. Apa yang di sampaikan Kakan Kemenag itu sangat kita dukung itu. Kita berharap dari Pondok Pesantren lahir cendikiawan-cendikiawan yang berhati ulama agar Umat Islam ini bisa bangkit.

Sumber: startfmmadina.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*