Pemerintah Siapkan Dana Rp 20 T Untuk Pengembangan Wisata Danau Toba

Pemerintah Siapkan Dana Rp 20 T Untuk Danau TobaSAMOSIR – Menko Maritim, Luhut B Panjaitan, menyatakan pemerintah pusat memiliki komitmen untuk membangun kawasan wisata Danau Toba dengan menyiapkan anggaran sekira Rp20 triliun.

Demikian disampaikan Luhut dalam kunjungan kerjanya ke Samosir didampingi anggota DPD RI, Parlindungan Purba, Jumat (16/9). Pada kesempatan itu, Menko Maritim menerima seperangkat pakaian adat yang diserahkan perwakilan tokoh masyarakat Samosir, A Siska Naibaho.

“Saya datang sebagai tindak lanjut kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden sudah instruksikan ada dana Rp20 triliun yang dikucurkan untuk pengembangan kawasan wisata Danau Toba dengan rincian Rp10 triliun dari pemerintah dan Rp10 triliun dari pengusaha atau investor,” ujar Luhut yang mengunjungi Panoguan Solu bersama salah satu pengusaha terkaya di Indonesia, Apeng.

“Saya membawa Apeng, pengusaha yang masuk 20 orang terkaya di Indonesia. Beliau adalah putra asal Tebingtinggi dan diajak agar ikut berinvestasi di Danau Toba sekaligus merangkul investor lainnya. Mereka nanti akan membangun resort atau hotel berbintang lima di sini,” jelasnya.

Karena itu, Luhut minta Pemkab Humbahas menyiapkan sarana infrastruktur ke lokasi puncak panorama Danau Toba di Panoguan Solu yang akan dijadikan Taman Bunga Nusantara (TBN). Apeng pun menyebutkan keindahan Danau Toba jauh melebihi potensi wisata di Pulau Bali.

”Saya naik helikopter ke sini dengan Pak Luhut. Kami sempat keliling berputar Danau Toba dari Bandara Silangit. Ini sangat menakjubkan. Saya akan ajak rekan-rekan investor lain yang memiliki pengalaman di bidang pariwisata,” katanya.

“Semoga masyarakat mendukung. Yang penting, sarana infrastruktur dan masalah keamanan dibenahi. Saya melihat potensi Danau Toba bisa jauh lebih bagus daripada Malaysia dan Singapura,” aku Apeng.(wol/aa/wsp/data2)

Sumber: waspada.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*