Panen Raya Padi Siganteng Madina

Panen Raya Padi Siganteng Madina
Panyabungan 7/8 – Dandim 0212-TS Letkol Inf Uyat didampingi Kadis Pertanian Madina Taufik Zulhandra Ritonga melaksanakan panen raya pengubinan padi Siganteng Desa Huraba Kec Siabu Kab madina.

“Panen ubin padi Siganteng merupakan demplot penanaman padi organik yang diselenggarakan oleh Kodim 2012-TS dengan Dinas Pertanian Madina bersama kelompok tani Desa Maju Desa Huraba Kec Siabu Mandailing Natal,” kata Taufik.

“Hasil panen pengubinan yang didapatkan saat ini mencapai sekitar 1,8 ton per hektare. Kegiatan ini diadakan dalam rangka mendukung swasembada pangan secara nasional dan padi Siganteng ini varietas lokal tanaman Madina dengan umur tanaman 100 hingga 110 hari,” katanya.

“Mudah-mudahan hasil panen seperti ini akan tetap dapat dipertahankan di Mandailing Natal. Terkait pelebelan padi Siganteng hingga saat ini masih dalam proses sesuai dengan koordinasi dengan BPSP, meskipun padi siganteng merupakan varietas lokal namun tidak kalah dengan hasil produksi bibit berlebel dan bersertifikat,” jelasnya.

“Sesuai dengan harapan kita bersama kiranya bibit lokal padi Siganteng ini akan menjadi bibit unggul di wilayah Mandailing Natal dalam mencapai swasembada pangan secara nasional,” kata Taufik Zulhandra.

Leave a Reply

Your email address will not be published.