KPU Madina: Pentingnya Digitalisasi Arsip Dalam Pelaksanaan Pemilu

KPU Madina: Pentingnya Digitalisasi ArsipPanyabungan – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mandailing Natal (Madina), Agus Salam menyampaikan, data pelaksanaan pemilu sangat penting dilakukan dalam arsip digital. Menurutnya, hal itu bertujuan untuk menyediakan informasi dan pelayanan publik kepada masyarakat.

“KPU Madina kan belum memiliki kantor permanen. Sehingga, dengan adanya digitalisasi arsip, akan memudahkan dalam menyimpan arsip, karena tidak perlu tempat dan ruangan tertentu untuk menyimpan arsip yang didigitalkan,” ujarnya di Kantor KPU Madina, Senin (31/10)

Disampaikannya, digitalisasi arsip dapat melindungi arsip dari kerusakan maupun penyebab lainnya seperti hilang maupun rusak. Untuk mewujudkan hal itu, arsip pemilu tahun-tahun sebelumnya akan dilakukan pendigitalisasian, sehingga arsip lebih optimal.

KPU Madina sendiri sudah memiliki website resmi yang dapat diakses oleh lapisan masyarakat untuk mengetahui informasi tentang Pemilu. Website ini juga menjadi bagian dari arsip, walaupun belum semua data dapat ditampilkan.

“Upaya memaksimalkan digitalisasi arsip sangat penting untuk dilakukan sehingga bisa diakses sesuai kebutuhan, seperti dokumentasi pemilu, data mengenai partisipasi pemilih, serta evaluasi dan pelaksanaan monitoring penyelenggaraan pemilu.” pungkasnya

Prestasi yang diraih KPU Madina dua tahun silam, adalah moment bagi KPU Madina untuk terus meningkatkan pelayanan informasi kepada masyakarat, dimana tahun 2014 KPU Madina meraih penghargaan KPU Award baik tingkat Provinsi Sumatera Utara maupun tingkat Nasional untuk kategori Transparansi Informasi. (along/ppid/KPU Madina)

Sumber: kpud-madinakab.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.