Kemenkeu: Pemerintah Siapkan Dana Kompensasi Sebesar Rp 6,4 Triliun

Pemerintah Siapkan Dana Kompensasi Sebesar Rp 6,4 TriliunJakarta, 19/11/2014 – Pemerintah menyediakan dana sebesar Rp 6,4 triliun sebagai kompensasi bantuan kepada keluarga miskin, yang terkena imbas penyesuaian BBM bersubsidi. Masing-masing keluarga akan mendapatkan bantuan sebesar Rp200 ribu per bulan, dengan jumlah keluarga sasaran adalah sebesar 15,5 juta keluarga miskin.

“Jadi 15,5 juta rumah tangga, Rp 200 ribu perbulan, paling gak untuk dua bulan tahun ini itu butuh Rp6,2 triliun,” jelas Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro saat menggelar konferensi pers pada Kamis (18/11).

Sementara itu, Rp 200 miliar dari dana total disediakan untuk pengadaan empat kartu program perlindungan sosial serta biaya pengiriman yang ada. “Sekarang sudah bisa dicairkan sekaligus Rp400 ribu untuk dua bulan sampai dengan 2 Desember,” tambahnya.

Dana kompensasi ini disiapkan pemerintah untuk menambal turunnya daya beli masyarakat miskin pasca penyesuaian harga BBM bersubsidi. Menurut Menkeu, dampak inflasinya hanya akan terasa pada tiga bulan pertama setelah dilakukan penyesuaian. “Seperti 2013, dampaknya hanya akan terasa dalam tiga bulan pasca penaikan. Bulan ke-4 balik normal kembali tekanannya,” pungkas Bambang. (Sumber: Kemenkeu.go.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*