Indonesia Jadi Tuan Rumah Tafisa Games 2016

Indonesia Jadi Tuan Rumah Tafisa Games 2016JAKARTA – Indonesia bakal menjadi tuan rumah perhelatan Trim And Fitness International Sport for All Association (Tafisa) Games 2016. Festival olahraga rekreasi dunia ini akan digelar di Taman Impian Jaya Ancol (TIJA), Jakarta pada 6-12 Oktober mendatang.

Perhelatan Tafisa Games 2016 diprediksi bakal menyedot perhatian wisatawan, tidak hanya dari dalam negeri tetapi juga dari luar negeri. Selain 11 ribu delegasi mancanegara, Tafisa Games ini juga akan dihadiri ratusan media lokal maupun asing.  

Usai acara festival digelar, para peserta diberi kesempatan oleh panitia pelaksana untuk menikmati keindahan pariwisata di Indonesia. Sejumlah destinasi wisata sudah disiapkan untuk menyambut para peserta festival. Raja Ampat, Bunaken, Bali, Lombok, Danau Toba, dan destinasi wisata favorit di Indonesia akan menjadi paket perjalanan wisata bagi peserta.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Tafisa Games 2016 Hayono Isman, festival olahraga rekreasi dunia ini memang lebih banyak mengedepankan kesenangan, kebugaran sekaligus ajang wisata dan budaya. Sejauh ini, sudah ada 110 negara yang memastikan ikut acara ini. “Diperkirakan ada 11.500 peserta dari luar negeri dan 5.000 dari dalam negeri,” ujar Hayono dalam keteranga tertulisnya, Kamis (11/2).

Panitia memastikan sebagian besar venue akan menggunakan Ancol untuk perhelatan Tafisa Games. Pihak panitia  Kamis (11/2) ini akan menandatangani perjanjian kerja sama dengan direktur PT Pengelola Jaya Ancol.

TAFISA atau Trim And Fitness International Sport for All Association dibentuk di Bordeaux, September 1991. Saat itu, lebih 40 negara sepakat meletakan pondasi pembentukan organisasi yang menaungi olahraga tradisional masyarakat dunia dan olahraga yang tidak dipertandingkan di Olimpiade.

Pada tahun yang sama, pengurus TAFISA mendaftarkan statuta ke pengadilan Frankfurt, Jerman, dan mulai bekerja serius mempersiapkan TAFISA World Game, sebuah olimpiade bagi olahraga masyarakat non-prestasi. Cikal-bakal TAFISA sebenarnya telah ada sejak 1960-an. Bermula dari pertemuan reguler sejumlah pemimpin yang tertarik mengembangkan olahraga masyarakat.

Pada 2012 lalau, TAFISA World Game digelar di Lithuania, dengan Siauliai sebagai kota penyelenggara. Dan, tahun ini Indonesia akan menjadi tuan rumah perhelatan festival tersebut.

Sumber: republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.