Indonesia – Iran, Silaturrahim dan Sharing Tentang Pengelolaan Wakaf

Indonesia - Iran, Sharing Pengelolaan WakafJakarta – Dirjen Bimas Islam Machasin hari ini, Senin (12/01) menerima kunjungan Konselor Bidang Kebudayaan Besar, Hujjatollah Ebrahimian. Pertemuan ini merupakan kelanjutan dari silaturahim sebelumnya antara Direktur Pemberdayaan Wakaf  dengan atase Kebudayaan Iran,  pada 30 Desember 2014 lalu.

Ikut mendampingi Dirjen Bimas Islam, Sekretaris Ditjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin dan Direktur Pemberdayaan Wakaf Hamka.

Dalam pertemuan ini, kedua belah pihak memperbincangkan masalah pengelolaan wakaf di negaranya masing-masing. Machasin misalnya menyampaikan bahwa Direktorat Jenderal yang dipimpinnya mempunyai misi meningkatkan bimbingan, pelayanan, dan perlindungan terhadap masyarakat Islam dalam menjalankan agamanya melalui pengembangan keluarga sakinah, kesadaran berzakat dan berwakaf, serta suasana terbinanya syari’ah dalam menuju ukhuwah Islamiyah. Sehubungan itu, Ditjen Bimas Islam mempunyai 4 Direktorat dan salah satunya secara khusus membidangi masalah Wakaf.   

Sementara itu, Hujjatollah Ibrahim menyampaikan bahwa di antara beberapa kementerian di Iran yang terpenting adalah Kementerian Kebudayaan yang membawahi beberapa organisasi, dan salah satunya adalah organisasi yang mengelola wakaf, shadaqah, dan infaq.  Kepada Machasin, Hujjatollah Ibrahim menyampaikan keinginannya untuk melakukan kerjasama budaya dan pengembangan wakaf dengan pemerintah Indonesia. Dengan begitu, diharapkan akan terjadi saling tukar pengalaman tentang wakaf antara Indonesia dan Iran, serta saling tukar pengetahuan tentang pola pengembangan wakaf.

Sumber: Kemenag.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*