Harga Pinang Mengalahkan Harga Karet di Mandailing Natal

Harga Pinang Kalahkan Harga Karet di Mandailing NatalKotanopan – Dua bulan terakhir, harga pinang di pasaran mengalahkan harga karet. Seperti Sabtu, 17 September 2016 di Pasar Tradisional Kotanopan, harga pinang tua dan kering mencapai Rp.14.000, sedangkan harga karet masih berkutat di level Rp.6.500

Hamdi Lubis, salah seorang pembeli pinang di Pasar Kotanopan mengatakan, naiknya harga pinang ini sudah berlangsung dua bulan terakhir dan diperkirakan harga pinang ini akan naik terus.

Hamdi Lubis mengatakan “Sudah dua bulan terakhir harganya terus naik dari level Rp.7.000 sampai hari ini tembus di angka Rp.14.000. Dari minggu lalu saja sudah naik Rp. 1.000, dari Rp. 13.000 Rp menjadi Rp.14.000. Naiknya harga ini kemungkinan karena berkurangnya pasokan pinang dari masyarakat”.

Sedangkan, Arifin Lubis Warga Kotanopan mengaku sangat gembira dengan naiknya harga pinang ini. “Iya, sangat gembira, walaupun tidak banyak setiap minggunya saya menjual pinang di Pasar Kotanopan. Hasilnya cukup belanja satu minggu sebagai pengganti karet yang saat ini harganya lagi anjlok,” demikian ucap Arifin Lubis.

Di katakananya, walaupun harga pinang naik, tapi tidak semua masyarakat merasakannya, sebab tidak semua warga punya pokok pinang.

Arifin Lubis berharap ”Kalau mau jujur, sebenarnya kita ingin harga karet itu normal kembali, sebab kalau karet ini naik semua warga hampir ikut merasakannya karena hampir 70-80 warga disini berprofesi sebagai petani karet”.

Sumber: startfmmadina.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*