Harga Cabai di Mandailing Natal Mulai Pedas Jelang Idul Adha

Harga Cabai di Madina Mulai Pedas Jelang Idul AdhaPanyabungan – Kenaikan harga jelang hari-hari besar seperti hari raya Idul Adha nampaknya sudah menjadi tradisi tersendiri pasar-pasar tradisional. Harga Cabai contohnya, di pasar-pasar tradisional di wilayah Mandailing Natal jelang hari raya Qurban atau Idul Adha mulai merangkak naik.

Dari pantauan dapat kami kabarkan bahwa harga cabai merah yang biasanya dijual pedagang seharga Rp.40.000 per kilogramnya,saat ini naik drastis menjadi Rp.60.000 per kilogramnya. Kenaikan ini cukup drastis mencapai Rp.20.000 rupiah dari harga sebelumnya.

Meski cabai merah ini membanjiri pasaran, namun harga tetap naik. Pedagang kerap beralasan pasokan cabai yang didatangkan dari luar Mandailing Natal menjadi alasan tersendiri pedagang dengan dengan dalih mahalnya perongkosan dan modal pengambilan.

Hasil petani cabai Mandailing Natal sendiri tidak mampu menutupi kebutuhan masyarakat sehingga para pedagang terpaksa mendatangkan cabai dari luar daerah seperti Siborong borong dan bukit tinggi.

Tidak tertutup kemungkinan, harga cabai sampai hari raya Idul Adha ini akan terus naik, bahkan diperkirakan dikisaran Rp.70.000 rupiah per kilogramnya.

Tentu kondisi ini akan menambah beban bagi Ibu ibu rumah tangga karena cabai salah satu kebutuhan harian untuk memasak.

Sumber: startfmmadina.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*