Gubernur Sumatera Utara Membuka Pekan Pasar Petani Sumut

Gubsu Buka Pekan Pasar Petani SumutMedan, 1/12 – Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho ST MSi menegaskan Pemerintah Provinsi tetap komitmen memperhatikan dan meningkatkan hasil produksi pertanian untuk menjaga ketahanan pangan dan bahkan kedaulatan pangan daerah maupun secara nasional.

“Pemprov Sumut semakin yakin komitmen itu terwujud karena mendapat dukungan dari Pemerintah Pusat,” katanya pada saat membuka acara Pekan Pasar Petani ke-11 Sumut 2014 yang digelar di areal Kantor Dinas Pertanian Sumut di Medan, Senin (1/12).

Dukungan dari Pusat itu disampaikan pada Forum Gubernur bersama Presiden di Jakarta belum lama ini, dimana pada kesempatan itu Gubernur mengaku menyampaikan semua hambatan dalam pembangunan di Sumut khususnya menyangkut infrastruktur. Mulai infrastruktur pertanian seperti kekurangan irigasi, gas, listrik dan lainnya.

“Alhamdulillah, Pemerintah Pusat merespon positif keluhan dan berjanji mendukung percepatan pembangunan atau perbaikan/peningkatan infrastruktur khususnya irigasi yang sangat penting untuk ketahanan dan kedaulatan pangan,” katanya.

Dewasa ini di Sumut sendiri sedang dibangun bendungan Sei Padang yang akan bisa mengatasi persoalan banjir tahunan di Tebingtinggi dan kekeringan irigasi seluas 7.558 ha di Serdang Bedagai. Bendungan yang akan selesai pada 2017 kan berdampak besar pada produksi padi Sumut.

“Harus disyukuri, meski infrastruktur Sumut masih compang camping, tetapi Sumut masih surplus dan memberi sumbangan beras kepada nasional. Sebagai Gubernur saya juga menguapkan terimakasih kepada petani dan petugas pertanian,” katanya.

Dalam kesempatan itu Gubernur Sumut memberikan berbagai penghargaan termasuk penghargaam dari Kementerian Pertanian yang diberikan kepada UD Salacca dari Tapanuli Selatan yang terpilih sebagai juara I nasional bidang inovasi produk unggulan berdaya saing.

Salacca dengan Ketua Kelompok Taninya, Gulma Mendrofa dinilai berhasil melakukan inovasi dengan memproduksi 13 jenis produk dari buah salak.

Kepala Dinas Pertanian Sumatera Utara H M Room mengatakan, Pekan Pasar Petani Ke-11 Sumut 2014 yang digelar mulai tanggal 1 hingga 5 Desember 2014 bertujuan untuk semakin mendekatkan hasil pertanain dan perkebunan ke masyarakat.

“Dengan semakin dekat, maka bukan hanya penjualan produk petani semakin besar, tetapi juga menimbulkan rasa cinta masyarakat terhadap produk hasil pertanian/perkebunan di Sumut,” katanya.

Pekan pertanian itu diikuti 41 stan yang terdiri dari 17 stan dinas pertanian kabupaten/kota, balai benih dan termasuk pihak swasta tampak diminati masyarakat yang terindikasi dari banyaknya pengunjung dan pembelian berbagai produk mulai beras, tanaman hingga produk makanan hasil pertanian dan alat mesin pertanian. Pameran yang dibuka selama lima hari ke depan mendapat sambutan antusias dari masyarakat Kota Medan.

(Sumber: SumutProv.go.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*