e-Transparancy Awards 2013: 10 Situs Kementrian Paling Transparan

10 Situs Kementrian Paling Transparan

Inspektur Jenderal Kementerian Perindustrian, Imam Haryono (2 kanan) berfoto bersama dengan para pemenang Penganugerahan e-Transparency Award 2013 di Jakarta, Kamis, 19 Desember 2013. (kemenperin.go.id)

Jakarta – Di tengah era keterbukaan informasi dan kemajuan teknologi informasi yang pesat saat ini, keterbukaan adalah sebuah keniscayaan.

Ajang e-Transparency Award 2013 memberikan penghargaan kepada 10 situs kementerian dan lembaga yang dianggap memiliki situs yang paling informatif, berguna, berdesain baik, dan paling sesuai dengan Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP), serta transparan dalam anggaran dan kinerja.

Penilaian dilakukan oleh 15 orang juri yang terdiri dari tim ahli di berbagai bidang dan oleh masyarakat seperti antara lain Abdul Rahman Ma’mun (Ketua Komisi Informasi 2011 – 2013), Jamil Mubarok (Koordinator Masyarakat Transparansi Indonesia), Wicaksono (@ndorokakung, Plasa MSN), dan lain-lain.

Berikut daftar 10 Situs Terbaik Kementerian/ Lembaga:

1 Kementerian Perindustrian
2 Kementerian Kominfo
3 Kementerian Pekerjaan Umum
4 Komisi Pemberantasan Korupsi (situs favorit pilihan masyarakat)
5 Kementerian Keuangan
6 Badan Pengawas Obat dan Makanan
7 Mahkamah Konstitusi
8 Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional
9 Kementerian Perhubungan
10 Kementerian Kesehatan

Salah satu Dewan Juri, Wicaksono yang di twitter lebih dikenal dengan @ndorokakung mengkritisi situs kementerian dan lembaga.

“Website adalah etalase yang mudah dilihat. Sayangnya, masih ada situs kementerian yang lebih melayani menterinya daripada melayani kebutuhan masyarakat akan informasi,” kata Wicaksono pada malam penghargaan e-Transparency di Graha CIMB, Jakarta Selatan, Kamis malam.

Padahal, menurutnya, masyarakat lebih membutuhkan informasi lain misalnya terkait pelayanan yang berhubungan dengan masyarakat.

“Masa waktu penjurian. selama tiga hari ada situs kementerian yang sama sekali tidak bisa dibuka, mungkin admin-nya sedang pergi mancing karena urusan kementeriannya kan berhubungan dengan ikan, saya sampai mention itu di media sosial,” kata Wicaksono. (Sumber: AntaraNews.com / Indonesia.go.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*