Bupati Mandailing Natal Tanam Pohon Peringati HMPI dan BMN 2014

Bupati Mandailing Natal Tanam Pohon Peringati HMPI dan BMN 2014Panyabungan, Bupati Mandailing Natal Drs. H. Dahlan Hasan Nasution didampingi istri Ny. Ika Desika Dahlan Hasan menyelenggarakan peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) tahun 2014 di Lapangan Komplek Perkantoran Bupati, Panyabungan, Selasa.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Madina Drs. Musaddad Daulay, MM mengatakan agar pada pelaksanaan menanam pohon Indonesia dapat mendorong partisipasi seluruh masyarakat khususnya Mandailing Natal dalam menjaga hutan yang merupakan paru–paru dunia. Dimana Banyak Pohon Banyak Rejeki serta tanam pohon cegah bencana, katanya.

Sementara Bupati Mandailing Natal Drs. H. Dahlan Hasan Nasuiton mengatakan peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional tahun 2014 ke-7 yang selalu diselenggarakan setiap 28 Nopember bertujuan untuk lebih membangkitkan semangat, motivasi dan membudayakan seluruh masyarakat Indonesia untuk menanam serta memelihara pohon dalam ruang membangun ekosistem hutan melalui rehabilitasi dan lahan di seluruh Indonesia yang berthema “Hutan Lestari Untuk Mendukung Kedaulatan Pangan, Air dan Energi Terbarukan”.

Menurutnya mudah–mudahan kegiatan ini dapat mendorong masyarakat untuk membangun eskosistem hutan yang lebih baik sekaligus membangun bahan baku bagi industri kehutanan dan menyerap karbon dioksida di udara dalam rangka ikut berkontribusi dalam mitigasi perubahan iklim. Dimana keberadaan hutan di Indonesia dilingdungi oleh undang–undang nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya, begitu juga tentang pencegahan dan pemberantasan kerusakan hutan. Keberadaan hutan sangat penting sebagai peyangga kehidupan manusia dan bumi yang harus dilindungi, dikonversi, dimanfaatkan dan dreboisasi untuk generasi yang akan datang, katanya.

Dia menegaskan agar seluruh ibu kota kecamtan di Kabupaten Mandailing Natal benar–benar hijau, melalui SekdaKab dan Kadis Hutbun menghimbau agar mencek pelaksanaan kegiatan. Dimana Panaybungan yang merupakan ibu kota Kabupaten Madina dapat menjadi contoh yang baik bagi kecamatan yang lain. Dan dia mengharapkan kesadaran seluruh lapisan untuk melaksanakan program penghijauan juga penanaman pohon. Harapannya kepada masing–masing SKPD agar menyediakan kavlingan tanah kosong untuk dibuat sebagai tempat penanaman pohon dan nanti akan dilaksanakan penilaian langsung. Dan peringatan HMPI serta BMN dapat diselenggarakan setiap tahunnya, katanya.

Peringatan Hari Menanam Pohon dan Bulan Menanam Nasional juga diikuti Ketua DPRD Madina Hj. Lely Hartati S.Ag, Ketua Pengadilan Negeri Panyabungan Halomoan Sianturi SH, Kejari Panyabungan Satimin SH, Wakapolres Madina Kompol Nurhakim H, Sekda Madina Drs. M. Yusuf, M.Si serta seluruh pimpinan SKPD, perwakilan perusahaan perkebunan dan para mahasiswa serta pelajar. Bupati Madina menyerahkan bibit pohon secara simbolis serta piagam pengharagaan kepada PT. Alam dan PT. RMM yang merupakan perusahaan perkebunan yang turut melestarikan hutan serta langsung melaksnakana penanaman pohon dan serentak diikuti oleh undangan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*