Bupati Mandailing Natal Menggalakkan Jum’at Bersih di Setiap Kecamatan

Bupati Madina Turut Serta Laksanakan GoroBupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution, telah menggalakkan Jum’at Bersih di setiap kecamatan dan kegiatan ini selalu dilaksanakan dengan cara bergantian di setiap kecamatan yang bertujuan untuk mengurangi wabah penyakit malaria dimana Kabupaten Madina dikenal dengan dearah edemis malaria.

Gotong royong ini bertujuan untuk terciptanya masyarakat sehat dari penyakit karena dalam agama pun disebutkan kebersihan itu sebagian dari iman. Jum’at Bersih bukan hanya dilaksanakan di setiap kecamatan tetapi Komplek Perkantoran Bupati Madina juga harus melaksanakan kegiatan kebersihan secara rutin agar lingkungan perkantoran tersebut terlihat indah dan bersih.

Demikian disampaikan Bupati Madina Drs. H. Dahlan Hasan Nasution saat melaksanakan Jum’at Bersih di halaman Kantor Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Madina. Bapak Bupati juga berharap agar setiap instansi di lingkungan Kabupaten Mandailing Natal melaksanakan kebersihan di pekarangan kantornya masing-masing dan menanami pekarangan yang kosong.

Di sepanjang jalan protokol agar dilaksanakan pembersihan drainase yang tersumbat akibat genangan air karena dengan tergenangnya air pada drainase tersebut akan membuat nyamuk berkembang biak dan menyebabkan penyakit malaria nantinya.

Lanjut, ”Kepada Ibu PKK dan Peranan Wanita agar menggalakkan kepada masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan yang kosong dengan cara menanaminya baik itu sayur-sayuran, buah-buahan, atau bunga. Kegiatan ini tentunya sangat positif dan bahkan dapat menambah penghasilan kaum ibu. Karena selama ini saya melihat sayuran datang dari luar kota panyabungan, apa salahnya kita manfaatkan pekarangan yang kosong ditanami sayuran untuk kebutuhan sehari-hari, dan ini juga menghemat biaya belanja kebutuhan dapur, misalkan kebutuhan sayuran setiap rumah tangga Rp.5.000 per harinya jika pekarangan yang kosong tersebut dimanfaatkan maka uang sayuran tersebut bisa menjadi tabungan.” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*