BBMKG Wilayah I Prakirakan Sumut Bisa Terjadi Hujan Es

BBMKG Wilayah I Prakirakan Sumut Bisa Terjadi Hujan EsMEDAN – Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BBMKG) Wilayah I memprakirakan, musim hujan yang akhir-akhir ini sering terjadi di siang dan malam hari di beberapa pekan terakhir bisa menyebabkan wilayah Sumut diperkirakan akan terjadi hujan es.

Hal itu dijelaskan, Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah I, Sunardi, Selasa (13/9). Bahkan, Sunardi, menyebutkan hujan es dapat terjadi karena di daerah lokal tertentu panas tinggi sehingga hujan (masih berbentuk kristal atau es) yang sampai ke bumi tidak mencair sempurna.

“Bisa terjadi hujan es apabila siang harinya panas ekstrim. Hujan es dapat terjadi karena di daerah lokal tertentu panas tinggi sehingga hujan (masih berbentuk kristal atau es) yang sampai ke bumi tidak mencair sempurna,” katanya kepada awak media.

Dalam kondisi cuaca yang tak menentu, sambung Sunardi, Pihak BBMKG Wilayah I tidak bisa memprediksi di daerah mana saja akan terjadi hujan es karena sifatnya sangat lokal.

“Kita belum bisa memprediksi daerah mana saja akan terjadi hujan es, karena sifatnya sangat lokal,” ungkapnya.

Satu minggu ke depan di wilayah Sumut, lebih lanjut dikatakan Sunardi, masih terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Sedangkan puncak hujan, Sunardi mengatakan, akan berlanggsung di akhir September sampai dengan Oktober.

Sementara itu, kecepatan angin yang ditimbulkan cuaca dimusim hujan tersebut, mencapai 10 sampai dengan 20 knot dan tinggi gelombang 2 sampai dengan 3,5 meter untuk perairan Sibolga Nias.

Selain itu, angin puting beliung masih berpotensi di daerah Medan, Deliserdang, Sergei, Simalungun, Batubara, Langkat. Begitu juga dengan longsor berpotensi di daerah lereng pegunungan seperti Kabupaten Karo, Phakpak Barat, Dairi, Taput dan Tapsel.

“Berdasarkan catatan BBMKG Wilayah I, puting beliung telah terjadi di wilayah Kabupaten Langkat, Sergei, Deliserdang dan Simalungun,” ujar Sunardi sembari menambahkan masalah suhu udara, untuk wilayah Sumut mencapai 34.0 derajat celsius.

“Kita menghimbau kepada masyarakat untuk waspada banjir di lokasi bantaran sungai dan lokasi lereng pegunungan waspada longsor,” pungkasnya. (wol/lvz/data2)

Sumber: waspada.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*