Badan Litbang Harus Dapat Hasilkan Ide-Ide Besar Bidang Teknologi

Badan Litbang Harus Dapat Hasilkan Ide-Ide Besar Bidang TeknologiKementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merupakan hasil  penggabungan dari dua Kementerian dan hal ini menyebabkan perubahan nomenklatur. Dengan adanya penggabungan ini tidak akan mempengaruhi kinerja pemerintah baik dalam sektor infrastruktur pekerjaan umum maupun perumahan rakyat. Namun dengan penggabungan ini akan ada kebijakan-kebijakan Umum Kementerian PUPR yang baru. Berkenaan dengan hal tersebut, Senin, 05 Januari 2015, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengadakan Rapat kerja dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pekerjaan Umum di Bandung.

Kepala Badan Litbang, Waskito Pandu mengawali rapat kerja ini dengan menyampaikan  gambaran umum Badan Litbang saat ini, dengan sangat  terperinci menyampaikan  kondisi  dan kesiapan Badan Litbang dalam menghadapi kebijakan-kebijakan yang baru. Waskito Pandu menyampaikan agar Menteri dapat memberi arahan langsung kepada para pejabat fungsional dan struktural di lingkungan Badan Litbang.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dalam arahannya menyampaikan : “ Badan Litbang harus dapat menghasilkan ide-ide besar di bidang teknologi untuk mendukung pelaksanaan pembangunan infrastrukstur dan perumahan rakyat. Dimana ide-ide tersebut tidak akan mudah dilakukan namun jika itu terjadi akan merupakan hasil kerja yang luar biasa”   

Basuki Hadimuljono, yang pernah menjabat menjadi Kepala Badan Litbang ini, mengetahui persis bagaimana kinerja Balitbang dan mengomentari hal tersebut dengan mengatakan :” Saat ini dengan tuntutan kinerja pemerintahan sekarang diharapkan para peneliti siap untuk ikut ambil bagian langsung ke lapangan, tidak hanya memahami secara teori dan uji di laboratorium saja. Semua harus siap untuk ditempatkan dibalai-balai dilapangan ataupun didaerah”.   

Rapat kerja Menteri PUPR dengan Badan Litbang didampingi Sekjen PUPR, Sekdirjen SDA, Sekdirjen Bina Marga, Sekdirjen Cipta Karya, dan dihadiri para pejabat esselon 2,3 dan 4 serta para peneliti di lingkungan Badan Litbang Pekerjaan Umum. Bahasan utama dalam rapat kerja ini adalah mengenai  Kebijakan Umum Kementerian PUPR dalam melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan dan berhasil guna.

Sekretaris Jenderal PUPR, Taufik Widjoyono, pada rapat kerja ini juga menyampakan mengenai struktur organisasi PUPR secara keseluruhan, jikapun ada beberapa perubahan  hal ini untuk memperlancar dan menyesuaikan dengan tuntutan kerja pemerintahan saat ini.

Sumber: www.pu.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*